Cadiz vs Barcelona 0-4: Alonso-Bellerin Debut, Lewandowski Tambah Pundi Gol

De Jong Cetak Gol, Bantu Kemenangan Barcelona.
De Jong Cetak Gol, Bantu Kemenangan Barcelona. (sumber: twitter.com/fcbarcelona)

Barcelona kembali meraih hasil positif di pekan kelima LaLiga menghadapi Cadiz pada Sabtu (12/9) pukul 23.30 WIB malam di Estadio Ramon de Carranza. Pique dkk berhasil menang dengan skor 0-2 lewat gol Frenkie de Jong dan Robert Lewandowski.

Pada laga ini Barcelona mengistirahatkan beberapa pemain inti yang baru saja bermain di UCL melawan Viktoria Plzen. Nama seperti Pedri, Lewandowski, Jordi Alba, Ansu Fati dan Dembele memulai laga di bangku cadangan.

Sebagai gantinya, Xavi memainkan trio lini depan Ferran Torres, Memphis Depay dan Raphinha.

Selain itu, Hector Bellerin menjalani debutnya bersama FC Barcelona dengan mengisi pos bek kanan.

Bacaan Lainnya

Sementara dari sisi tuan rumah, Cadiz, Lucas Perez mengisi pos penyerang tengah dengan ditopang oleh Brian Ocampo, Ruben Sobrino dan Ivan Alejo.

Dua pemain pinjaman dari Real Madrid, Victor Chust dan Antonio Blanco diistirahatkan sebab di laga sebelumnya tidak dapat memberi kontribusi yang signifikan pada klub.

Secara teknis, Barca mengandalkan formasi andalan 4-3-3, sementara Cadiz dengan 4-2-3-1.

BACA JUGA: AC Milan Berhasil Rekrut Sergino Dest dari Barcelona

Jalannya Pertandingan

Sesuai prediksi di atas kertas, laga ini akan lebih mengunggulkan Barcelona secara permainan. Dari awal skuad asuhan Xavi sudah melakukan high-pressing yang agresif apabila sedang dalam out possession.

Sementara saat menguasai bola, seperti biasa Barcelona akan mengurung pertahanan Cadiz dengan mengandalkan umpan-umpan pendek kas klub Catalan itu.

Peluang pertama Barcelona sejak bergulirnya babak pertama adalah pada menit ke-5. 

Memphis Depay yang berada di depan kotak pinalti melakukan tusukan dengan dribbles ke kotak pinalti dan melepaskan tendangan voli yang masih dapat di tepis oleh Ledesma, penjaga gawang Cadiz.

Setelahnya, di menit-menit akhir, Barca kembali menciptakan peluang emas melalui umpan satu dua Busquets kepada Depay. Striker asal Belanda tersebut pada jarak dekat berhasil melakukan tendangan yang dengan baik masih mampu diselamatkan dengan apik oleh Ledesma.

Hingga peluit tanda akhir babak pertama berbunyi, skor masih kacamata.

Pada babak pertama sendiri Barca tampil fantastis dengan beberapa catatan seperti 85% akurasi umpan, total 6 tendangan dan 2 shots on target. Total enam tendangan yang dilakukan berada pada inside box, yang berarti bahwa Los Cules mudah dalam menembus pertahanan Cadiz.

Saat babak kedua dimulai, beberapa menit awal mempertontonkan jalannya laga yang kurang lebih sama dengan babak pertama. Namun, Barcelona dengan racikannya menemukan jawaban atas rapatnya pertahanan Cadiz.

Cadiz memasang formasi 4-4-2 dalam bertahan yang merapatkan jarak antar lini. Sehingga, hal ini menyulitkan Barcelona melakukan tusukan lewat tengah.

Los Cules akhirnya pecah telor pada menit ke-53. Umpan cutback Gavi yang ditepis oleh Ledesma mengarah pada Frenkie de Jong yang terbebas.

Gawang yang telah kosong, dimanfaatkan oleh tendangan keras de Jong untuk mencetak gol pertama di laga ini.

Sepuluh menit berselang, Barcelona kembali menggandakan skor lewat Robert Lewandowski. Gol dimulai dari serangan Raphinha di sisi kanan serangan Barca.

Saat melepaskan umpan kearah de Jong, bola tak mampu diselamatkan dengan sempurna oleh Ledesma karena kemelut di depan gawang. Bola liar yang hadir di depan garis gawang disambut tendangan Lewandowski untuk menjebol gawang Cadiz.

Tak kunjung mencetak gol, Cadiz memasukkan beberapa pemain seperti Ruben Alcaraz, Awer Mabil dan striker berpengelamannya, Alvaro Negredo.

Sementara Xavi memasukkan Ansu Fati dan pemain barunya dari Chelsea, Marcos Alonso.

Namun, dimenit ke-82 laga harus terhenti sementara akibat adanya suporter Cadiz yang dikabarkan tidak sadarkan diri, sehingga pertandingan dihentikan sementara.

Setelah beberapa menit, laga kembali dimulai dengan dihitung sejak menit ke-82.

Barcelona pun memulai laga kembali dengan tetap bermain agresif menekan pertahanan Cadiz.

Hingga pada menit ke-86 lahirlah gol dari Ansu Fati. Sprint Lewandowski kearah depan gawang Ledesma yang telah kosong. Melihat Ansu Fati yang bebas, Lewy memberikan umpan pendek dan diselesaikan dengan tenang oleh Ansu.

Tak berhenti disitu, Los Cules kembali lagi menambah pundi-pundi gol di menit ke-91 lewat Ousmane Dembele. 

Penetrasinya ke tengah langsung diselesaikannya dengan tendangan ke arah kanan dan berhasil menjebloskan bola ke gawang Ledesma.

Laga ini berakhir dengan kemenangan Barcelona dengan skor 0-4 atas Cadiz. 

Tentu hasil ini melanjutkan tren positif Barcelona dengan meraih empat kemenangan beruntun sejak pekan kedua LaLiga dan menempatkan mereka di peringkat ke-2 sementara.

Sementara bagi Cadiz, kekalahan ini membuat mereka terjerembab di peringkat terbawah liga dengan empat kali kekalahan dari empat laga yang telah dijalani. 

Pekerjaan rumah lain bagi Cadiz selain kekalahan yang terus berdatangan adalah pundi-pundi gol. Hingga laga keempatnya ini, mereka masih belum mampu mencetak satu golpun. 

Tekanan tentunya bagi para striker Cadiz termasuk Negredo dan Perez yang belum bisa mendulang gol.

Cadiz perlu segera bangkit agar statusnya sebagai penjegal para tim besar seperti di musim sebelumnya hadir kembali dan membuat mereka terus bisa bertahan di LaLiga.

Albert Agung Hosea Sidauruk

Seorang anak yang mencintai sepakbola sebagai kebahagiaan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.