Charlie Adam Resmi Umumkan Gantung Sepatu

Gelandang Dundee FC, Charlie Adam resmi umumkan pensiun
Gelandang Dundee FC, Charlie Adam resmi umumkan pensiun. (Foto: footballscotland.co.uk)

Majalahsepakbola.com – Mantan gelandang Liverpool Charlie Adam membuat pengumuman di media sosial pada hari Rabu (21/9/2022) untuk mengakhiri karir profesionalnya yang telah berlangsung hampir dua dekade.

Adam bergabung dengan The Reds dari Blackpool pada musim panas 2011 dan membuat 37 penampilan untuk klub serta mencetak dua gol.

Dia meraih medali juara Piala Liga pada 2012 setelah membantu tim asuhan Sir Kenny Dalglish mengalahkan Cardiff City di final Wembley.

Adam yang bermain sebanyak 26 caps bersama timnas Skotlandia, meninggalkan Anfield ke Stoke City pada transfer musim panas Agustus 2012.

Bacaan Lainnya

Baca juga: Jelang Debut Graham Potter Lawan Liverpool, Ruang Ganti Aman?

Jejak karir Charlie Adam

Dia memulai karirnya di klub Skotlandia, Dundee FC dengan memperkuat tim usia u-17 pada tahun 2002.

Karir profesionalnya dimulai pada tahun 2005 dengan memperkuat Rangers FC meski tidak langsung berada di tim utama, dia beberapa kali dipinjamkan ke klub St. Mirren FC dan Ross Country.

Adam mulai hijrah ke negara Inggris pada Agustus 2009 ke Blackpool dengan biaya sekitar €2 juta. Setelah dimusim sebelumnya berada di klub The Seasiders dengan status pinjaman selama satu musim.

Dua musim berseragam Blackpool, pemain yang beroperasi di gelandang tengah ini pindah ke klub Liga Inggris Liverpool.

The Reds memboyongnya dengan mahar waktu itu sekitar €8 juta atau sekitar Rp. 118 miliar jika dibandingkan era sekarang.

Musim perdananya di Liverpool pada 2011/12, Adam mencatatkan 35 penampilan diseluruh kompetisi dengan mengemas dua gol dan 10 asisst.

Namun, ternyata musim perdana itu sekaligus menjadi musim terakhirnya berseragam Liverpool.

Pada 31 Agustus 2012, Stoke City meminang pemain Skotlandia itu dengan biaya yang lebih murah dibanding saat dibeli Liverpool.

Selama tujuh musim berseragam The Potters, ia mencatat 179 penampilan dan 22 gol serta 17 asisst diberbagai kompetisi. Termasuk ketika timnya terdegradasi di musim 2018/19 ke Divisi Championship.

Baca juga: Arthur Melo Resmi Bergabung ke Liverpool

Penurunan karir

Setelah menemani Stoke City bermain dikasta kedua kompetisi Inggris selama semusim, pada musim 2019/20 dia hengkang ke klub Inggris lainnya, Reading.

Usai pindah ke Reading performanya terus menurun. Ia bersama Reading hanya satu musim saja.

Akhirnya ia kembali ke Skotlandia pada September 2020 dengan bergabung ke klub dimana dia memulai karir juniornya, Dundee FC.

32 penampilan diraih Adam pada musim perdananya di 2020/21 dengan mencatat delapan gol dan 13 assist.

Pada musim keduanya bersama Dundee FC, dia tampil sebanyak 33 kali, dengan mengemas empat gol dan enam assist.

Tepat tanggal 21 September 2022 dirinya menyatakan pensiun dari karir profesionalnya di sepakbola pada usia ke-36 tahun.

Sayang sekali karir puncaknya saat berseragam Liverpool tidak bertahan lama. Lantaran beberapa kali diterpa cedera ligament yang membuatnya harus menerpi sejak bulan Maret 2012 hingga akhir musim.

Sayang sekali dirinya juga melewatkan Final FA Cup melawan Chelsea pada 5 Mei 2012, Liverpool pulang dengan kekalahan 2-1 dari The Blues.

Tri Meljasi Bougenvillo
Penonton sepakbola layar kaca
Sumber: liverpoolfc.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

1 Komentar