4 Posisi Pemain Sepak Bola, Penggemar Sepak Bola Harus Tahu Ini

  • Whatsapp
posisi pemain sepak bola

Strategi dan formasi sangat erat hubungannya dengan potensi keahlian dan posisi pemain sepak bola yang akan diterapkan. Hal ini demi memperoleh hasil skor maksimal dalam pertandingan. Sebagai penggemar sepak bola, tentu Anda harus tahu dengan berbagai posisi pemain serta fungsinya dalam sepak bola.

Baca juga: 10 Teknik Sepakbola yang Harus Diketahui Pemain Muda

Bacaan Lainnya

Tujuan Pengaturan Posisi Pemain dalam Sepak Bola

Pengaturan posisi dalam permainan sepak bola tentu memiliki tujuan. Mulai dari penguasaan bola selama pertandingan serta tujuan akhir dari pertandingan yaitu menang dengan skor tinggi. Agar bola bisa ke depan dan menembus gawang lawan tentu tidak langsung kedepan begitu saja. Penentuan posisi berdasar skill dari pemain.

Strategi dalam penguasaan bola juga bisa menentukan pertandingan. Ada posisi pemain yang bertugas untuk bertahan, bertugas untuk menyerang dan ada juga yang bertugas sebagai penghubung.

Setiap lini pemain mempunyai area tersendiri. Dan tanggung jawab terhadap area yang dipegang juga sangat mempengaruhi kinerja tim. Mulai dari penjaga gawang sampai penyerang memerlukan kolaborasi dan mindset sama dalam pertandingan. Hubungan sesama pemain bisa terbentuk dengan adanya penyusunan strategi. Mulai dari formasi hingga berbagai terobosan operan bola untuk memperoleh kelemahan lawan.

4 Posisi Pemain Dalam Sepak Bola

Dalam pengaturan formasi sepak bola, sangat didasari dengan fungsi dari posisi pemain dan tugasnya. Diantaranya,

1. Penjaga Gawang

Buffon dan Casillas
Casillas (kiri) dan Buffon (kanan) merupakan kiper (penjaga gawang) terbaik dunia di masanya.

Posisi pemain dalam sepak bola yang pertama merupakan kunci dari pertahanan utama gawang. Bahkan pundak pertahanan dalam permainan sepak bola ada pada penjaga gawang. Keahlian yang harus dimiliki seorang penjaga gawang meliputi ketangkasan dalam menangkap bola, ketangkasan menepis bola serta feeling untuk membaca tendangan lawan yang mengarah ke gawang.

Untuk bisa memperoleh gelar profesionalisme dalam menjaga gawang, harus dilakukan latihan yang cukup serius serta rutin. Kalau dilihat secara sepintas memang penjaga gawang ini lebih spesial, dari kostum yang dipakai saja sudah berbeda dari pemain lain. Nama lainnya adalah goal keeper, kemampuan bereaksi juga sangat berpengaruh dalam pertahanan.

2. Penyerang

Ronaldo dan Messi
Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi. Dua penyerang terbaik sepanjang masa.

Untuk posisi penyerang ini ada dua macam, yaitu penyerang yang bertugas di posisi tengah dan penyerang yang mempunyai tugas di posisi sayap kanan maupun kiri. Bahasa lain dari penyerang ini adalah stricker.

Penyerang Tengah

Penyerang tengah mempunyai tugas untuk bisa membaca celah area lawan pada bagian tengah. Memaksimalkan momentum pada bagian ini bisa memberikan banyak terobosan, hingga akhirnya bisa menjebol gawang lawan.

Latihan secara rutin dalam pembacaan reaksi lawan sangat penting bagi tiap penyerang. Penyerang harus mampu membaca situasi dan memanfaatkan umpan untuk dilakukan tembakan atau operan ke celah lainnya. Nama lain dari penyerang tengah ini adalah center forward

Penyerang Sayap

Penyerang sayap atau wings forward ini mempunyai posisi pada setiap samping lapangan. Posisi pemain sepak bola yang sangat strategis ini bisa memberikan banyak kelonggaran. Bahkan kalau bisa membaca refleksi dan gerakan lawan, posisi ini sangat menentukan terobosan terbaik menuju gawang lawan.

3. Gelandang

gelandang terbaik di dunia
Zidane, Xavi, Iniesta, Scholes dan Pirlo (Gelandang Terbaik di Era Milenium)

Posisi pemain sepak bola yang satu ini mempunyai fungsi untuk menghubungkan kedua buah fungsi pemain, yaitu antara pemain penyerang dan pemain pertahanan. Gelandang bisa untuk menghalau bola dan bisa menjadi titik tumpu dari setiap operan. Bahkan permainan yang ramping biasanya akan ada banyak operan antar pemain. Sampai akhirnya bisa menuju dan menembus gawang lawan.

Posisi pemain sepak bola pada bagian gelandang ini ternyata ada beberapa pembagian. Untuk penjelasannya pada uraian di bawah ini.

Gelandang Tengah

Gelandang tengah ini mempunyai nama lain center midfielder. Tigasnya untuk menghalau bola maupun sebagai penghubung dengan bek agar bisa menciptakan mekanisme strategi operan bola. Menghalau bola dari lawan juga menjadi tanggung jawab gelandang, jangan sampai masuk ke lini pertahanan.

Untuk center midfielder ini berada di bagian tengah. Posisinya memang central dan bisa membaca situasi arah bola dan reaksi pemain lawan.

Gelandang Bertahan

Gelandang ini juga mempunyai nama defending midfielder. Mempunyai tugas untuk menguasai bola dan jangan sampai masuk ke dalam bek. Pemain dalam posisi ini harus selalu sigap dengan situasi serangan dari lawan yang bisa masuk kapan saja. Pemain gelandang bertahan juga harus mempunyai mobilitas tinggi untuk menghalau bola.

Gelandang Serang

Nama lain dari attacking midfielder, untuk tugasnya sendiri juga harus bisa membaca situasi agar bisa mengoper bola ke pemain penyerang. Posisi pemain sepak bola yang satu ini memang sangat menentukan pertahanan maupun penyerangan. Gelandang serang ini harus mempunyai kemampuan untuk melakukan penggiringan bola secara lincah. kemampuan dalam melihat posisi bola dan kelengahan lawan juga sangat penting.

Sebagai gelandang, tentunya sangat berpengaruh dalam penguasaan bola baik dari pertahanan maupun penyerangan ke gawang lawan.

Gelandang Sayap

Pada bagian saya juga akan ada pemain penghubung antara penyerang dan lini pertahanan. Winger merupakan nama lain dari gelandang sayap. Tugasnya masih sama dengan posisi gelandang lainnya, namun hanya titik tumpu permainan saja yang berbeda.

Penguasaan area sayap tentu sangat penting agar musuh tidak bisa menembus pertahanan. Pemain di bagian sayap harus bisa menguasai areanya, karena memang posisi saya merupakan posisi paling rawan dalam terobosan serangan. Harus siap dengan segala kondisi bola yang mulai mengarah lewat pinggiran.

4. Pertahanan

kiper terbaik abad ini
Cannavaro, Nesta, Maldini (Bek Terbaik Abad ini)

Sebelum bola bisa masuk ke area penjaga gawang, tentu akan terhalau dengan posisi pemain bek belakang. Bek sangat menentukan permainan dan harus bisa membaca gerak -gerik penyerang lawan. Posisi ini tentu harus bisa mengembalikan bola supaya kembali ke gelandang dan diteruskan ke penyerang. Jika demikian, serangan balik bisa dilakukan.

Bagian posisi bek ini akan menempati area tengah dan sayap. Bertugas penuh terhadap bola dan jangan sampai masuk ke area pertahanan kiper. Sangat jelas sekali kalau peranan bek ini kaitannya erat dengan kiper.

Penyerang dan gelandang lawan bisa saja masuk ke lini pertahanan dan mengambil celah. Untuk itu kemampuan bek baik sayap maupun sentral harus bisa secara reflek membaca gerakan bola maupun menghalau lawan yang menyusup.

Celah permainan dalam sepak bola memang sangat menentukan. Bahkan bisa mengubah hasil akhir pertandingan walaupun sudah mendekati menit terakhir.

Posisi – posisi pemain sepak bola di atas merupakan satu kesatuan tim dan tidak bisa terpisahkan. Sehingga kerja sama dan kolaborasi menjadi kunci utama dalam pertandingan. Untuk menentukan formasi serta strategi dari posisi pemain, peran pelatih yang akan mengontrol komando selama pertandingan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *