10 Teknik Sepakbola yang Harus Diketahui Pemain Muda

  • Whatsapp
teknik sepakbola
Teknik Sepakbola (Foto: Unsplash.com)

Aturan dan teknik sepakbola ada banyak. Mulai dari bola keluar atau out, menyentuh bola kecuali penjaga gawang, dan pelanggaran terkait kontak fisik. Karena nantinya bisa mengakibatkan pelanggaran yang bisa berujung kartu kuning maupun merah dari wasit.

Menjadi pemain sepakbola di dalam sebuah tim ternama tentu akan memiliki gaji yang besar. Bahkan, bisa menjadi jutawan kalau sudah masuk ke kancah internasional. Masuk di tim liga di Indonesia saja, tentu sudah bisa meraih gaji yang fantastis. Dukungan skill teknik dasar sepakbola akan menambah nilai plus pada pemain pemula.

Bacaan Lainnya

10 Teknik Sepakbola yang Perlu Anda ketahui!

Mempunyai mimpi untuk menjadi pemain profesional bagi pemain pemula, beberapa hal di bawah ini wajib di ketahui.

1. Teknik Mengontrol dan Menghentikan Bola

Olahraga sepakbola adalah permainan yang penuh dengan strategi. Untuk itu dari formula 11 pemain yang ada di arena tentu mempunyai lini dan tugasnya tersendiri. Ketika menerima operan dari teman satu tim, tentu harus bisa menghentikannya. Baik umpan pendek, umpan lambung maupun umpan jarak jauh.

Teknik sepakbola ini sering disebut dengan teknik stop ball, di mana teknik ini memang harus dikuasai setiap pemain. Penguasaan teknik ini sangat penting, karena kalau sampai gagal dalam menghentikan bola, maka bisa direbut lawan.

Peranan kontrol bola sangat dominan dalam pertandingan dan ada banyak teknik. Misalnya saja menggunakan dada, kaki, paha dan semua anggota badan kecuali tangan.

2. Teknik Memberikan Operan

Strategi dalam membawa bola dari penjaga gawang ke pihak area lawan tentu tidak bisa langsung begitu saja. Strategi bermain bola untuk mengecoh lawan bisa dengan mempercantik operan tim. Ada banyak teknik untuk memperoleh operan yang ramping. Mulai dari posisi kawan yang sedang bebas atau terselubung dengan lawan, atau bisa juga dengan umpan terobosan.

Jangan terlalu nafsu untuk memberikan bola ke kawan satu tim yang ada di depan, perhatikan juga posisi dari kawan satu tim. Kalau tidak bisa terkena offside, dan berujung tendangan bebas untuk pihak lawan.

3. Teknik Menggiring dan Membawa Bola

Teknik sepakbola yang satu ini memang cukup penting untuk dipahami. Menggiring dan membawa bola merupakan strategi untuk memancing dan membubarkan formasi lawan. Bahkan kalau dipadukan dengan operan yang cantik serta berbagai gerakan tipuan seperti C.Ronaldo, tentu bisa membuat lawan terkecoh.

Teknik tipuan dan terobosan bola juga harus melihat posisi lawan dan kawan, menghindari berbagai kepungan lawan tentu akan kesulitan. Namun biasanya memang kalau untuk pemain yang sudah profesional selalu di kepung beberapa pemain lawan.

4. Teknik Tembakan atau Teknik Shooting

Teknik Sepakbola
Teknik Menendang Bola (Foto: Pixabay.com)

Teknik tembakan ke gawang lawan tentu akan menjadi teknik dasar sepakbola yang sangat penting. Perlu latihan keras untuk bisa menguasai hal ini, bahkan teknik tembakan ke gawang lawan ini sangat mempengaruhi skor akhir pertandingan.

Teknik tendangan bola tentu saja tidak hanya tendangan lurus saja. Ada banyak teknik dalam menendang bola. Misalnya teknik tendangan pisang yang bisa membuat bola melengkung dan mengecoh penjaga gawang, atau menggunakan teknik tendangan salto. Teknik tendangan salto di depan gawang tentu akan menjadi hal spesial kalau bisa mengubah skor pertandingan.

5. Teknik Sundulan Bola

Bola boleh di terima dengan sundulan kepala baik dalam memberi maupun menerima operan kawan satu tim, asalkan tidak tersentuh tangan. Teknik sundulan bola ada berbagai macam cara. Misalnya dengan dahi, bagian kepala atas dan bagian kepala samping. Semua ini tergantung dari insting pemain untuk mengarahkan bola.

6. Teknik Merebut Bola Lawan

Merebut bola dari lawan pada area pertahanan merupakan tugas dari para lini pertahanan. Jangan sampai masuk ke area gawang, apalagi menjebol gawang. Teknik dasar sepakbola ini namanya teknik tackle. Teknik merebut bola dalam bentuk apapun tetap namanya tackle. Jadi tidak semata dengan sleeding tackle saja.

Pemain yang bertugas di area pertahanan memang harus dikuasai dengan teknik ini, apalagi jika pemain lawan sudah masuk ke area pertahanan. Pemain belakang sangat bertanggung jawab atas ini, jangan sampai bola masuk ke area gawang dan kebobolan.

7. Teknik Pemotongan Umpan

Umpan ini ada dua jenis, umpan lawan dan umpan kawan. Kalau umpan lawan tentu ini menjadi peluang untuk segera menguasai bola. Namun jika umpan kawan, ini merupakan kondisi darurat di mana lawan sudah mendekati bola.

8. Teknik Menangkap Bola

Teknik sepakbola yang satu ini tentu hanya harus dikuasai oleh penjaga gawang. Penjaga gawang memang spesial dan mempunyai peranan khusus dalam sepakbola. Penjaga gawang harus siap dalam kondisi apa pun ketika bola mendekati gawang. Baik dalam kondisi pelan maupun kondisi cepat. Bisa menggunakan satu tangan untuk menepis bola, atau bahkan menangkapnya secara langsung.

Penjaga gawang harus mempunyai keahlian dalam melompat, hal ini tentu didasari pada arah bola yang ke arahnya. Pembacaan arah bola serta feeling memahami gerak gerik striker lawan juga harus dikuasai.

9. Teknik Tendangan Bola Mati

teknik tendangan sudut
Teknik Corner Kick (Foto: Pixabay.com)

Teknik dalam menendang bola mati meliputi corner kick, pelanggaran, offside maupun tendangan penalti. Tendangan bebas bisa menjadi terobosan dan momen khusus untuk menyerang dan menerobos pertahanan lawan.

10. Teknik Lemparan Bola

Out adalah bola keluar dari arena pertandingan dari sisi lapangan. Dan lemparan ke dalam menjadi hak spesial pemain yang tidak tersentuh bola terakhir. Teknik lemparan bola ini menjadi momen tersendiri untuk menerobos pertahanan lawan dan bahkan untuk menjebol gawang lawan. Walaupun minor, teknik ini memang menguntungkan dan bisa mengecoh lawan.

Berbagai teknik sepakbola di atas memang menjadi dasar dalam permainan dan kelas sepakbola untuk para pemula. Strategi dan penguasaan keahlian serta peran kontribusi dalam tim sangat menentukan posisi pemain dalam pertandingan.

Formasi tim juga sangat menentukan strategi yang matang untuk menjebol gawang lawan. Alokasi penempatan pemain sangat tergantung pada keahliannya. Mulai dari lini pertahanan, penyerangan, gelandang dan penjaga gawang. Pelatih pastinya memahami kemampuan dan keahlian pemain dalam suatu tim.

Untuk bisa menjadi pemain profesional, selain menguasai teknik sepakbola juga harus berprestasi dan bisa memberikan konstribusi yang bagus dalam sebuah tim. Pemain yang memiliki prestasi, pasti akan ada banyak tim yang meminangnya.

Rahmat Al Kafi
Penulis dan Pencinta Sepakbola
Instagram

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *