Persib VS Madura United: Laskar Sapeh Kerrap Buktikan Kualitas

Sumber: twitter.com/MaduraUnitedFC
Madura United Menang atas Persib 1-3 (Sumber: twitter.com/MaduraUnitedFC)

Persib Bandung menjamu Madura United di pekan kedua BRI Liga 1 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Sabtu (30/07) sore WIB. Tim asuhan Robert Rene Albert tidak diperkuat beberapa pemain utamanya, terutama di lini pertahanan.

Di atas kertas, Persib dan Madura sama-sama menampilkan formasi 4-2-3-1. Persib memasang dua pivot yaitu sang kapten Marc Klok dan pemain muda, Robi Darwis. Sementara, Madura United mengandalkan Hugo Gomes serta Ricky Ariansyah.

Bacaan Lainnya

Meski Persib lebih mengancam secara permainan di awal laga, Madura justru memulai peluangnya lewat Hugo Gomes. Sayang, tendangannya masih belum menemui sasaran.

Dua menit berselang, Persib langsung memberi ancaman ke gawang Rendy Oscario. Sang ujung tombak, David da Silva memperoleh peluang emas meski sayang masih belum bisa berbuah gol.

Peluang demi peluang terjadi antar kedua tim, hingga akhirnya di menit ke-17, Persib berhasil menceploskan bola ke gawang Madura United lewat David da Silva.

Penetrasi tenang dari Frets Butuan ke halfspace sebelah kanan Madura berhasil mengecoh empat pemain Madura sehingga dengan mudah mampu memberikan umpan ke David da Silva yang berada di luar kotak pinalti dan terbebas dari penjagaan.

Tendangan mendatarnya berhasil mengarah ke sisi kiri gawang Rendy dan membuat Persib unggul 1-0.

Kondisi tertinggal membuat Sapeh Kerrap bermain lebih agresif mulai menit ke-33. Sang striker, Pedro Henrique, menebar ancaman melalui tendangannya yang mengarah ke gawang.

Sayangnya hingga turun minum tak ada lagi gol tercipta bagi kedua tim.

BACA JUGA: Darwin Nunez, Calon Bintang Liverpool Musim 2022-2023

Babak kedua dimulai, tak ada perubahan komposisi dari tim tamu, namun Persib merespon situasi dengan bermain lebih defensif. Coach Robert memasukkan Dedi Kusnandar menggantikan Ezra Walian.

Permainan menyerang Lulinha dkk cukup membuat Persib kelimpungan, enam menit awal babak kedua Madura memberi ancaman melalui bek tengah mereka, Cleberson. Namun, peluang tersebut hanya mengarah ke penjaga gawang Persib, Fitrul Dwi Rustapa.

Akhirnya, di menit ke-60, pasukan Fabio Lefundes berhasil menceploskan bola ke gawang tuan rumah. Inisiasi serangan dimulai dari umpan akurat Hugo Gomes kepada Malik Risaldi yang meresponnya dengan melakukan cut inside kea rah halfspace dan melakukan tendangan kea rah Fitrul, penyelamatan yang tidak sempurnanya pun dimanfaatkan oleh Lulinha yang terbebas dari penjagaan, skor satu sama.

Tak perlu menunggu lebih lama, Madura menggandakan skor Sembilan menit berselang lewat sang striker, Pedro Henrique.

Umpan lambung yang dilakukan oleh lini pertahanan Madura mampu dikontrol oleh Vizcarra dengan sempurna. Setelah melihat posisi Pedro, Ia memberikan umpan mendatar yang langsung mampu dikuasai dengan baik oleh sang striker hingga pada akhirnya menceploskan bola secara mendatar ke sisi bawah kanan gawang Persib Bandung.

Bermain menyerang demi mengembalikan skor membuat lini pertahanan Persib lengah di menit ke-83 dan justru menghasilkan pinalti untuk Madura United. Hugo Gomes yang berperan sebagai eksekutor berhasil menceploskan bola ke arah kiri gawang Fitrul Dwi Rustapa. Meski sang kiper berhasil menebak arah bola, namun kerasnya tendangan membuat bola tetap masuk ke gawang.

Sadar akan situasi dan kondisi yang tidak menguntungkan, Persib terus mencoba menggempur pertahanan Madura United. Bahkan, Coach Robert memasukkan satu pemain asing baru mereka yaitu Ciro Alves.

Naas, peluang demi peluang sang tuan rumah tak ada yang berhasil menjadi gol. Hingga bunyi peluit tanda berakhirnya laga, skor tetap 1-3 untuk Madura United.

Kekalahan ini direspon dengan kecewa oleh sang juru taktik asal Belanda tersebut. 

“Kekecewaan besar untuk kita semua. Memimpin 1-0 pada babak pertama, dan akhirnya kalah 3-1” kata Coach Robert dilansir dari Antara.

Dua pertandingan awal mereka di BRI Liga 1 memang harus segera menjadi evaluasi bagi skuad pemain Persib, terlebih dua laga selanjutnya Maung Bandung akan menghadapi tim kuat lain yaitu Borneo dan PSIS Semarang.

Perlu ada motivasi yang kuat agar permainan terus berkembang, sehingga hasil kemenangan dapat diraih.

Susunan Pemain:

Persib (4-2-3-1): Fitrul; Sato, Kuipers, Irianto, Fiqri; Klok, Darwis, Erwin, Walian, Frets; Da Silva

Madura United (4-2-3-1): Rendy; Reva, Cleberson, Fachrudin, Dodi; Ricki, Hugo, Malik, Vizcarra, Lulinha; Pedro

Albert Agung Hosea Sidauruk

Seorang anak yang mencintai sepakbola sebagai kebahagiaan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.