Real Madrid vs RCD Mallorca 4-1: Antonio Rudiger Cetak Gol Debut

Rudiger cetak gol debut.
Rudiger cetak gol debut (sumber: twitter.com/realmadrid)

Real Madrid berhasil meraih lima kemenangan beruntunnya di LaLiga setelah mengandaskan tim tamu, RCD Mallorca, dengan skor 4-1 pada Minggu (11/9) pukul 19.00 WIB malam.

Los Blancos yang bermain tanpa sang striker andalannya, Karim Benzema, memasang Eden Hazard sebagai penyerang tengah di laga ini. Penyerang asal Belgia tersebut ditopang dua sayap asal Brazil, Vinicius Jr dan Rodrygo Goes.

Di lini pertahanan, Antonio Rudiger menggantikan posisi Eder Militao yang menderita cidera saat melawan Real Betis.

Sementara tim tamu memasang dua penyerang andalan, Vedat Muriqi dan Lee Kang In. Kecepatan pemain asal Korea tersebut akan diimbangi dengan pemosisian cerdik Muriqi.

Bacaan Lainnya

Selain itu, Mallorca juga menggantikan posisi Copete dengan Nastasic di lini belakang, serta Sanchez dengan De Galaretta di posisi gelandang tengah.

BACA JUGA: Celtic vs Real Madrid 0-3: Eden Hazard Cetak Gol, Benzema Cidera

Jalannya Pertandingan

Layaknya ekspektasi para pencinta sepakbola, keunggulan Real Madrid di atas kertas membuat mereka bermain lebih mengurung dan mencoba mencuri gol dari awal laga.

High pressing saat bertahan dan memanfaatkan sang kapten, Toni Kroos, untuk melakukan switchplay saat menyerang, menjadi pakem asuhan Ancelotti di babak pertama.

Switchplay dilakukan guna mencari ruang kosong bagi Hazard, Vinicius maupun Rodrygo melancarkan serangan. Entah lewat flank, halfspace maupun center.

Terlihat bagaimana ketiga penyerang Real Madrid tersebut kerap bertukar posisi guna mengantisipasi ruang kosong.

Sejatinya, Real Madrid bermain tanpa gelandang bertahan murni yang biasanya diisi oleh Aurelien Tchouameni pasca kepergia Casemiro ke Manchester United.

Peran tersebut lebih banyak diisi oleh Toni Kroos yang membiarkan Fede Valverde dan Dani Ceballos membantu serangan dari lini kedua.

Di detik awal laga, Real Madrid justru dikagetkan dengan umpan terukur Pablo Maffeo yang disambut oleh tendangan keras Thibaut Courtois. Beruntun kiper asal Belgia tersebut berhasil menepis dengan sempurna.

Real Madrid meningkatkan kewaspadaannya untuk tidak memposisikan bek tengah lebih tinggi.

Melalui serangan yang sistematis, Real Madrid akhirnya berhasil mencetak dua peluang dalam 30 menit pertama. Satu melalui tendangan keras Dani Ceballos yang masih mampu ditepis oleh Predrag Rajkovic, kiper Mallorca.

Serta peluang kedua melalui tendangan Toni Kroos yang masih mudah ditangkap oleh kiper asal Serbia tersebut.

Hingga pada akhirnya, tim asuhan Javier Aguirre membuat Santiago Bernabeu terdiam di menit ke-35. Mallorca yang mendapatkan tendangan bebas di sisi kiri pertahanan Los Blancos, menunjuk Lee Kang In sebagai algojo.

Tendangan penyerang asal Korea Selatan tersebut cukup terukur dan menemui Vedat Muriqi yang bebas di tiang jauh, dan diselesaikan dengan baik melalui sundulan yang tidak dapat dihalau oleh Thibaut Courtois.

Sayangnya, Mallorca tak bisa menahan keunggulan hingga babak pertama berakhir. 

Di menit tambahan waktu, sprint Fede Valverde dari lini belakang hingga di depan kotan pinalti lawan diselesaikannya dengan tendangan keras mengarah ke pojok gawang Rajkovic, dan sekaligus menutup babak pertama dengan kedudukan 1-1.

Pada awal babak kedua dimulai, belum ada peluang yang menjanjikan bagi kedua tim.

Sampai pada 10 menit laga berjalan, Mallorca terlebih dahulu mengubah komposisi pemainnya dengan memasukkan beberapa tenaga segar di lini tengah.

Ada nama Iddrisu Baba, Clement Grenier, dan Antonio Sanchez untuk menambah daya gedor Mallorca.

Sementara Ancelotti meresponnya dengan memasukkan Nacho Fernandez menggantikan Ferland Mendy.

Pada menit ke-65, Mallorca mendapatkan peluang emas hasil tusukan Grenier di area penalti dan memberikan umpan pada Antonio Sanchez. Nahas, tendangannya masih melebar.

Tujuh menit berselang pasca peluang Mallorca, tim tuan rumah justru berhasil menggandakan skor lewat tusukan Rodrygo melewati gelandang tengah Mallorca dan memberi umpan terobosan yang mampu diselesaikan dengan cermat oleh Vinicius Jr.

Setelah memberikan umpan, di menit ke-89, giliran Rodrygo yang mencetak gol lewat ketenangannya melewati lini pertahanan Mallorca dan mampu melepaskan tendangan ke gawang Rajkovic.

Skor 3-1 tidak membuat Madrid mengendurkan serangan. Di menit akhir laga, Madrid masih mampu membuat satu gol lagi lewat rekrutan anyarnya, Antonio Rudiger.

Tendangan bebas Toni Kroos, mampu disambut dengan baik oleh bek asal Jerman tersebut untuk mencatatkan debut golnya. Meski pada gol ini, posisinya memang berbau offside.

Skor 4-1 bertahan hingga akhir laga, dan semakin sempurna saat Vinicius dinobatkan sebagai Man Of The Match.

Hasil ini membawa Real Madrid kokoh di puncak klasemen dengan lima kemenangan beruntun serta membuat mereka menjadi satu-satunya tim asal lima liga top eropa yang belum sama sekali meraih hasil seri ataupun kalah.

Namun, tantangan besar menanti mereka di pekan selanjutnya melawan rival sekota, Atletico Madrid.

Sementara bagi Mallorca, hasil ini membawa mereka berdiri di peringkat ke-13 dengan raihan satu kemenangan, dua kali seri dan dua kali kalah.

Albert Agung Hosea Sidauruk

Seorang anak yang mencintai sepakbola sebagai kebahagiaan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.