Akankah Van De Beek Menjadi Andalan Man United di Musim 2022-23?

Akankah Van De Beek Menjadi Andalan MU di Musim 2022-23?
Van De Beek bersama Man United (Sumber : goal.com)

Donny Van De Beek, mungkin banyak publik yang tak akan lupa dengan penampilan pemain muda Belanda ini pada musim 2018-19. Di musim tersebut, dirinya mampu menampilkan permainan memukau bersama Ajax Amsterdam.

Penampilan gemilangnya di liga Champions musim 2018-19 berhasil mengantarkan Ajax menembus semifinal liga Champions. Bersama dengan Frenkie De Jong, dia menjadi kunci permainan lini tengah Ajax ketika membantu klub tersebut menyingkirkan 2 raksasa Eropa, yaitu Real Madrid dan Juventus pada babak sebelumnya. Selain itu, Donny juga mencetak gol kemenangan melawan Tottenham pada leg pertama liga Champions.

Bacaan Lainnya

Sayangnya, gol tersebut gagal mengantarkan Ajax ke babak final, setelah Ajax kalah di menit terakhir oleh Tottenham pada leg kedua di Amsterdam. Meski demikian, momen itulah yang menjadikan Donny menjadi salah satu pemain muda berbakat yang berhasil mencuri perhatian dunia. Klub-klub besar Eropa tertarik untuk merekrutnya.

Akhirnya Man United menjadi pihak yang berhasil memenangi hati Donny. Red Devils memboyong Donny ke Old Trafford dengan nilai transfer seharga 39 juta Euro pada musim 2020-21. Bergabungnya Donny ke MU tentu saja diharapkan semakin membesarkan namanya dan juga mengangkat performa klub.

Baca Juga : Erik Ten Hag, Total Football & Harapan Baru Man United

Namun kenyataanya, segalanya berakhir menyedihkan untuk Donny. Selama membela MU, dirinya lebih sering memulai pertandingan dari bangku cadangan. Donny gagal bersaing dengan deretan gelandang MU seperti Bruno Fernandes, Pogba, McTominay, Fred, dan Matic yang sering tampil sebagai starter.

Akibatnya, faktor itu berimbas terhadap catatan statistik Donny di Man United. Total dia hanya mampu mencetak 2 gol dan 1 assist saja. Catatan tersebut berbanding terbalik ketika dirinya masih bermain di Ajax, dimana Donny berhasil mencetak 28 gol dan 21 assist selama 5 musim membela raksasa Belanda tersebut.

Bahkan, Donny sempat dipinjamkan ke Everton pada bursa transfer musim dingin 2021-22. Di klub Merseyside tersebut, Donny hanya memainkan 7 pertandingan dan mencetak 1 gol saja. Kini kehadiran Ten Hag menjadi pelatih baru MU seperti membawa angin segar untuk Donny.

Erik Ten Hag adalah mantan pelatih Ajax dan juga mantan guru didik Donny yang telah membuat namanya terkenal. Ten Hag pastinya sudah paham dengan gaya permainan Donny yang sesuai dengan filosofi kepelatihanya, mengingat keduanya pernah bekerjasama selama 3 musim.

Dengan kehadiran Eriksen di lini tengah MU serta isu bahwa Frenkie De Jong akan bergabung ke klub tersebut, telah menghasilkan banyak prediksi bahwa Ten Hag akan memainkan trio Eriksen-De Jong-Van De Beek di lini tengah MU, terlebih ketiganya adalah mantan pemain Ajax dan sesuai dengan filosofi kepelatihan Ten Hag.

Dengan prediksi akan kehadiran trio lini tengah tersebut, kemungkinan Ten Hag akan menerapkan formasi 4-3-3 supaya ketiga gelandang tersebut menjadi kunci permainan MU.

Christopher
Pemerhati & Penganalisis Taktik serta Filosofi Sepakbola

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.