Eric Bailly Berkostum Marseille, Dubravka ke Manchester United?

Bailly resmi berkostum Marseille dengan status pinjaman semusim
Bailly resmi berkostum Marseille dengan status pinjaman semusim. (Foto: Twitter @OM_Officiel via rri.co.id)

Bek Manchester United Eric Bailly akhirnya resmi dipinjaman ke klub Liga Perancis Marseille dengan opsi pembelian permanen senilai £5.1 juta atau sekitar 90 miliar rupiah.

Marseille akan menanggung gaji pemain timnas Pantai Gading itu selama berada di Stade Velodrome.

Klub Perancis itu juga memiliki opsi pembelian permanen pada musim panas 2023 seharga £5.1 juta tergantung pada penampilan dan lolosnya Marseille ke Liga Champions.

Kedatangan Bailly ke Old Trafford

Eric Bailly sendiri dibawa oleh Jose Mourinho ke Old Trafford pada Juli 2016 dari Villarreal yang diharapkan menggantikan posisi Nemanja Vidic yang hengkang pada tahun 2014 dan Manchester United belum memiliki bek tengah yang tepat.

Bacaan Lainnya

Selama 6 musim berseragam Setan Merah, Bailly mencatatkan 113 penampilan untuk klub disemua ajang serta mengemas 1 gol dan 1 assist.

Memang aneh untuk sekelas bek tengah dalam 6 musim hanya bermain sebanyak 113 kali. Itu terjadi lantaran Bailly beberapa kali masuk ke ruang operasi dan mengalami cedera yang cukup lama, sehingga menit bermainnya tidak banyak.

Meski kontribusinya minim, tapi dia membantu Manchester United meraih Piala Liga dan Liga Eropa dimusim pertamanya.

Baca juga: Manchester United Akan Dapatkan Striker Atletico Madrid?

Posisinya Semakin Jadi Tanda Tanya Saat Kedatangan Erik ten Hag

Ketika Erik ten Hag datang sebagai manajer anyar Setan Merah musim ini (22/23) masa depannya pun belum jelas, meski dinilai bermain cukup baik saat menjalani pertandingan pra-musim di Bangkok kala menang 4-0 menghadapi Liverpool.

Isu ketidaktertarikan Erik ten Hag pada Bailly dan beberapa bek tengah lainnya terjadi saat Manchester United mengirimkan perwakilannya ke Belanda untuk berkomunikasi dengan Ajax terkait Antony, Timber, dan Lisandro Martinez.

Pada akhirnya nama Lisandro Martinez lah yang dinyatakan sepakat bergabung dengan Setan Merah. Meski kabar terbaru Antony juga akan segera menyusul Martinez ke Old Trafford.

Kans Bailly semakin tipis bahkan hampir tidak akan diturunkan sebagai starter karena harus bersaing dengan Lindelof, Maguire, Varane dan kedatangan Martinez itu sendiri.

Baca juga: Astaga! Manchester United Borong Pemain Setelah Casemiro

Alhasil banyak klub yang ingin menggunakan jasanya sebagai center back.

Sebut saja AS Roma dibawah mantan manajer Jose Mourniho dan mantan rekan setimnya Nemanja Matic.

Sempat juga Newcastle datang namun diperkirakan hanya sebagai gosip saja.

Pemain berusia 28 tahun itu akhirnya kemarin (24/08/22) resmi memilih seragam klub Perancis, Marseille.

Kesempatan untuk dapatkan menit bermain yang cukup di Perancis sendiri bisa dibilang besar. Meski harus bersaing dengan bek senior seperti Samuel Gigot, Duje Caleta, Chancel Mbemba serta dua anak muda Leonardo Balerdi dan Isaak Toure.

Patut dilihat apakah ia akan bermain apik dibawah asuhan pelatih baru Igor Tudor asal Kroasia.

Karir Bailly dari Junior Menuju Profesional

Karir awal Bailly dimulai ketika dia bergabung di klub usia muda Espanyol U-19 pada tahun 2013 dan beberapa kali juga sering mondar-mandir ke Espanyol B sebagai pemain pengganti.

Di Espanyol B dia mencatatkan musim 13/14 dengan jumlah penampilan sebanyak 20 kali.

Dinyatakan tampil cukup baik dan konsisten, pada pertengahan musim 14/15 di Januari 2015 ia direkrut sesama klub Spanyol lain yakni Villarreal dengan nilai transfer nyari 100 miliar rupiah kala itu.

Satu setengah musim berseragam Villarreal ia mencatatkan 47 penampilan dan sebuah gol.

Hingga akhirnya dipantau Manchester United dan disepakati nilai transfer 660 miliar rupiah pada Juli 2016.

Bailly main cukup baik dimusim pertamanya dengan mencapai 39 penamiplan diseluruh kompetisi baik domestik maupun Eropa.

Baca juga: Manchester United Salip Liverpool di Klasemen, Malacia Bintang Baru Setan Merah

Manchester United Membicarakan Potensi Kepindahan Dubravka dari Newcastle

Sekarang kita melihat potensi yang sedang hangat diperbincangkan dimana nama kiper Newcastle United Martin Dubravka sedang naik daun lantaran diincar Manchester United.

Saat ini perwakilan Manchester United sedang melakukan pembicaraan untuk kepindahan potensial dari kiper 33 tahun asal Slovakia ke Theater of Dreams.

Dubravka sendiri sudah kehilangan tempat sebagai kiper utama usai The Magpies mendaratkan kiper asal Inggris musim panas ini dari Burnley dengan biaya 200 miliar rupiah, angka yang cukup besar untuk kiper berusia 30 tahun tersebut.

Apalagi Dubravka sendiri tidak tercantum namanya sebagai pemain saat Newcastle berhadapan dengan Tranmere diajang Piala Liga Rabu kemarin.

Yang menjadi starter sebagai kiper di laga itu adalah Karl Darlow dan di bangku cadangan justru Mark Gillespie yang juga kiper berpengalaman.

United sendiri berada di urutan terdepan untuk mendapatkan kiper Slovakia itu.

Dirinya akan menjadi pesaing antara David de Gea dan Tom Heaton usai Dean Henderson kembali dipinjamkan ke klub Nottingham Forest.

Dubravka sendiri terbuka untuk hengkang namun United sepertinya akan membuka dengan kesepakatan pinjaman disertai pembelian permanen di musim berikutnya.

Tri Meljasi Bougenvillo
Penonton sepakbola layar kaca
Sumber: Skysports.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.