Villarreal Buka Harga untuk Foyth, Barcelona Masih Tertarik?

Juan Foyth dilirik Barcelona
Juan Foyth dilirik Barcelona (Foto: Getty Images via Football.london)

Barcelona dilaporkan harus membayar €42 juta jika ingin menggaet Bek Villarreal Juan Foyth musim panas ini.

Menurut laporan AS, Villarreal akan mempertimbangkan untuk menjual bek kanan Juan Foyth jika Catalans mau membayar klausul kontraknya yang mencapai €42 juta.

Foyth sendiri baru memperpanjang kontrak permanen musim panas lalu, usai melewati masa bakti sebagai pemain pinjaman di Tottenham Hotspur pada musim lalu dan perpanjang kontrak sampai 2026.

Usai memenangkan Liga Europa UEFA saat dipinjamkan ke klub, mantan pemain Estudiantes itu juga membantu El Submari Groguet melaju ke semifinal Liga Champions musim lalu.

Bacaan Lainnya

Meskipun ia buka pemain tersohor, ia telah membangun reputasi dirinya sendiri selama dua musim terakhir di Spanyol, sehingga membuat Barcelona terpikat pada pemain internasional Argentina itu.

Posisi pertahanan sayap jadi perhatian

Barcelona saat ini memang membutuhkan bek kanan baru usai sang manajer Xavi Hernandez memutuskan untuk tidak memasukkan nama Sergino Dest musim ini.

Sergino Dest dikeluarkan dari skuad Barcelona saat laga perdana La Liga melawan Rayo Vallecano akhir pekan lalu untuk dijual. Sejauh ini baru Manchester United yang tertarik menampungnya.

Baca juga: Susunan Trio Penyerang Barcelona Yang Cocok Untuk Lewandowski

Dengan dikeluarkannya Dest dari skuad, praktis hanya ada Sergi Roberto yang layak untuk menempati bek kanan saat ini.

Pada saat laga perdana La Liga itu, nama Ronald Araujo masuk sebagai starter di posisi bek kanan. Tapi terlihat sekali sepanjang laga tersebut, Araujo tidak nyaman bermain di posisi itu sehingga lini pertahanan terkadang tidak berjalan baik.

Pemain baru Barca Jules Kounde bisa saja dipaksakan geser ke kanan, namun tentu pola permainan jadi tidak maksimal juga mengingat dirinya adalah pemain bek tengah, sehingga Barca perlu menambah amunisi di posisi bek kanan.

Cesar Azpilicueta telah menjadi target Barca sejak lama, namun sang kapten itu akhirnya memutuskan untuk menandatangani kontrak dua tahun di Stamford Bridge hingga musim panas 2024.

Hal itu membuat Catalans harus segera mencari opsi alternatif, bahkan sempat berhembus kabar mereka melakukan pembicaraan untuk Aaron Wan-Bissaka dan Diogo Dalot disamping Foyth sebagai target utama.

Namun perlu diingat situasi keuangan Barca yang masih minim akan menjadi sulit untuk mendapatkan mantan pemain Spurs itu lantaran sang pemilik sah meminta mahar €42 juta yang wajib dibayar penuh.

TheHardTackle melaporkan, Agen Foyth sendiri terpantau meninggalkan komplek Ciutat Esportiva pada hari Selasa setelah bertemu direktur sepakbola Barca Mateu Alemany.

Cukup banyak media yang melaporkan dan mengkonfirmasi minat Barcelona pada pemain 24 tahun itu. Sementara yang perlu pantau adalah apakah mereka cukup serius untuk mendatangkan Bek timnas Argentina itu.

Posisi bek kiri juga bermasalah

Bukan cuma bek kanan yang harus diperbaiki, posisi bek kiri juga wajib ditambal Barcelona.

Barca memang memiliki bek kiri murni sebanyak dua nama, Jordi Alba dan Alex Balde. Namun perlu diingat pemain yang setidaknya memiliki konsistensi dalam bermain di posisi itu hanya Jordi Alba.

Sementara Balde masih bisa dibilang perlu peningkatan pengalaman atau jam terbang lagi di usianya yang masih 18 tahun, ia juga masih sering bulak-balik ke Barca B untuk menambah jam terbang meskipun di tim muda.

Lantas ada dua nama yang masih memiliki koneksi dengan Barcelona yakni Marcos Alonso dari Chelsea yang sebenarnya hampir mencapai kesepakatan namun tidak dalam waktu dekat dan Sergio Reguilon dari Tottenham.

Khusus nama pertama mungkin hampir sepakat, namun Reguilon kabarnya semakin menjauh dari desas desus keterkaitannya dengan Barcelona, apalagi sang pemain juga masih memilki kontrak yang cukup panjang dengan Spurs hingga Juni 2025 dengan harga pasaran saja sudah diangka €25 juta.

Belum lagi ikatan Reguilon sangat erat dengan Real Madrid yang merupakan didikan kecilnya hingga professional saat ini tentu jadi pertimbangan berat bagi Barca.

Banyak nama masuk tapi jarang yang keluar

Satu lagi problem yang juga sedang dipusingkan manajemen Barca yakni susahnya menjual pemain yang masih memiliki harga jual yang bisa dibilang tinggi, sebut saja Frenkie de Jong dan Memphis Depay yang punya harga jual kembali yang tinggi.

Namun sayangnya khusus nama Frenkie de Jong seperti saga transfer pemain Belanda ini akan sampai menit terakhir jelang penutupan transfer musim panas ini. Nama yang dikaitkan selalu dengan Manchester United namun saat ini pembicaraan yang menarik justru dengan Chelsea yang seperti dapat jalan mulus untuk dapatkan tanda tangannya alias ditikung.

Untuk negosiasi Memphis Depay ke Juventus kini nampaknya berjalan lurus tanpa halangan, posisi Depay ke Turin sepertinya sudah mencapai 70 persen alias tinggal nego gaji saja.

Baca juga: Juventus Semakin Dekat untuk Mendapatkan Memphis Depay dari Barcelona

Dengan didepaknya kedua nama ini saja Barcelona diperkirakan akan untung €90 hingga €100 juta. Belum lagi nama Sergino Dest yang negosiasinya masih alot dengan The Reds Devils.

Tri Meljasi Bougenvillo
Penikmat sepakbola layar kaca

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

1 Komentar