Jelang Tutup Transfer Lord Braithwaite Segera Dapatkan Klub Baru

Striker Barcelona Martin Braithwaite segera gabung Real Sociedad musim panas ini
Striker Barcelona Martin Braithwaite segera gabung Real Sociedad musim panas ini. (Foto: Thor Wegner/ Juan Manuel Serrano Arce via Getty Images)

Menurut laporan wartawan terkenal Spanyol Manu Saniz, Martin Braithwaite menjadi sasaran klub La Liga Real Sociedad yang rencananya akan dirampungkan musim panas ini.

Striker Denmark itu saat ini tidak disukai di Barcelona dan berencana akan hengkang jika ada klub yang mau meminangnya.

Braithwaite memang tidak masuk dalam rencana manajer Xavi Hernandez musim ini. Namanya pun tidak pernah hadir dalam pertandingan pra-musim dan laga awal La Liga musim ini.

Lama tak terdengar hingga beberapa hari yang lalu Braithwaite sudah bertekad pergi dari Camp Nou asal Barca membayar sisa kontraknya masih terikat sampai 2024.

Bacaan Lainnya

Disisi lain Real Sociedad memang sedang mencari striker baru paska kepergian Alexander Isak ke Newcastle beberapa hari lalu.

Kepergian Isak membuat Imanol Alguacil kekurangan pemain berkualitas untuk dijadikan ujung tombak musim ini, sehingga dengan terpaksa mereka masuk dalam perburuan striker tengah.

Raul de Tomas merupakan target prioritas Real Sociedad saat ini, namun striker klub Espanyol itu terlalu mahal untuk direkrut sebagai pemain Basque.

Belum lagi La Real harus bersaing dengan Real Madrid dalam perburuan tanda tangan mantan pemain akademi Castilla tersebut.

Baca juga: Villarreal Buka Harga untuk Foyth, Barcelona Masih Tertarik?

Kisah Barca ketika merekrut Martin Braithwaite

Martin Braithwaite dipercaya datang untuk mengatasi masalah penyerang Barca yang sedang tumpul pada waktu itu.

Ia datang dengan label pembelian darurat pada Februari 2020. Meski begitu dirinya tak langsung bermain reguler, ia selalu masuk sebagai pemain pengganti ketika manajer membutuhkan pemain dengan etos kerja yang baik dari dirinya.

Di awal kedatangannya ke Catalan, ia total bermain sebanyak 11 kali di La Liga dengan mencetak 1 gol hingga akhir musim.

Pada musim 20/21 ia total mengemas 42 penampilan disegala kompetisi dengan mencetak tujuh gol dan empat asisst.

Penampilannya berkurang drastis dimusim selanjutnya yakni pada musim 21/22 alias musim lalu dimana Barca sudah merekrut Memphis Depay sebagai opsi utama lini serangnya.

Ia pun hanya bermain sebanyak lima kali dengan mencatat dua gol dan satu asisst, dimusim ini kehadirannya nampak tidak diperhatikan plus dipertengahan musim Barca mendepak Ronald Koeman dan Xavi Hernandez sebagai pengganti.

Dibawah asuhan Xavi dirinya hanya dianggap surplus bahkan tak diajak sama sekali dalam perjalanan pra-musim ke Amerika Serikat.

Tapi kengeriannya mungkin akan berakhir jika negosiasi dengan Real Sociedad rampung musim panas ini.

Baca juga: Juventus Semakin Dekat untuk Mendapatkan Memphis Depay dari Barcelona

Bukan hanya Real Sociedad yang mengincarnya loh

Meski saat ini tengah santar diberitakan mendekat hubungannya dengan Real Sociedad, ada beberapa klub yang juga mengantri untuk dapatkan tanda tangannya.

Klub sesama La Liga RCD Mallorca juga berniat mendapatkan jasanya, meski begitu Braithwaite sendiri sepertinya akan memprioritaskan La Real jelang transfer musim panas berakhir tanggal 1 September nanti.

Apalagi Sociedad bermain di kompetisi eropa kasta kedua yaitu Europa League, tentu kansnya sebagai pemain inti lebih besar disini demi dapatkan menit bermain lebih banyak.

Barcelona sendiri bahkan mungkin akan mengakhiri kontrak Braithwaite untuk mengeluarkan dari skuat untuk menghemat anggaran keuangan Barcelona.

Akan menarik dilihat apakah kepindahannya ke klub sesama La Liga ini dapat dirampungkan dan menjawab beberapa pendukung Barca yang tak sedikit yang menginginkannya hengkang dari Camp Nou.

Harga pasaran Braithwaite dilansir dari laman Transfermarkt diangka €6 juta atau sekitar 88 miliar rupiah.

Masih memiliki kontrak selama dua tahun alias hingga Juni 2024 dengan gaji nyaris 70 miliar rupiah per tahun.

Baca juga: Susunan Trio Penyerang Barcelona Yang Cocok Untuk Lewandowski

Karirnya dengan timnas senior Denmark pun juga tidak begitu baik, dari 60 permainan dia hanya mencetak 10 gol sejak debut pada Juni 2013 dibawah asuhan pelatih Morten Olsen.

Di lihat dari rekam jejaknya di klub, ia memiliki pengalaman yang cukup banyak dengan berbagai klub di Eropa loh.

Sebut saja klub Perancis Toulouse dan Bordeaux lalu pindah ke Inggris bersama Middlesbrough, lanjut ke Spanyol bersama Leganes dan berakhir di Barcelona.

Oiya klub awal karirnya tentu dimulai dengan bergabung di akademi Esbjerg fB lalu naik ke level regional usia u-19 hingga dapat tempat di skuat utama klub asal Denmark itu.

Tri Meljasi Bougenvillo
Penonton sepakbola layar kaca
Sumber: Thehardtackle.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.