Wonderkid Australia Ini Lebih Pilih Newcastle daripada Barcelona?

Striker Central Coast Mariners sepakat bergabung dengan Newcastle United
Striker Central Coast Mariners sepakat bergabung dengan Newcastle United. (Foto: Masanori Udagawa/AAP Image)

Newcastle United dilaporkan akan menandatangani striker wonderkid Garang Kuol dari Central Coast Mariners.

Menurut laporan dari beIN Sports, yang mengklaim The Magpies berada di barisan terdepan dalam penandatanganan prospek Aussie itu untuk kesepakatan menjelang jendela transfer Januari di tengah minat dari Barcelona.

Pemain berusia 18 tahun itu telah menyetujui kesepakatan pribadi dengan klub Liga Inggris itu dan akan menandatangani kontrak empat tahun senilai £ 25.000 per minggu atau sekitar Rp. 432.5 Juta yang menggiurkan di St. James ‘Park.

Sementara Eddie Howe dilaporkan tidak membayar terlalu mahal untuk penyerang itu. Tetapi klub yang menjualnya dapat menerima lebih banyak uang di masa depan melalui add-on dalam klausul penjualannya.

Bacaan Lainnya

Kuol akan tetap bersama klub A-League hingga jendela transfer Januari. Kemudian secara resmi menandatangani kontrak dengan The Magpies sebelum dipinjamkan ke klub lain di Australia.

Kuol, yang telah menginjak usia 18 tahun dianggap sebagai salah satu prospek terpanas di A-League.

Dia hanya membutuhkan waktu tujuh menit untuk menandai debutnya dengan gol yang dibuat dengan baik pada Desember lalu.

Dia menjadi pencetak gol termuda Mariners pada usia 17 tahun dan 98 hari.

Meski hanya tampil sebagai pemain pengganti, Kuol telah mencetak empat gol hanya dalam 189 menit laga.

Kuol bermain untuk Central Coast Mariners dan dia telah mencetak lima gol dalam 11 pertandingan tim utama.

Baca juga: Alexander Isak Akan Menjadi Pembelian Termahal Newcastle United

Garang Kuol Dimata Xavi dan Jejak Saudaranya

Dia dianggap sebagai salah satu prospek terpanas di A-League. Serta mendapat sambutan hangat dari bos Barcelona Xavi setelah tampil untuk A-League All Stars dalam kekalahan 3-2 mereka dari raksasa La Liga pada bulan Mei.

“Dia bermain sangat baik,” kata bos Barcelona sebelum melanjutkan, “Dia menciptakan banyak peluang, hampir mencetak gol. Karena baru berusia 17 tahun, itu tidak bisa dipercaya.” singkatnya.

Kuol berasal dari keluarga sepak bola, kakak laki-lakinya Alou Kuol saat ini bermain untuk klub Bundesliga VfB Stuttgart.

Adik laki-laki penyerang berusia 21 tahun itu bisa segera mengikuti jejaknya dengan pindah dari Australia juga menjadi rencana yang baik untuknya.

Awal pekan ini, Kuol menerima panggilan internasional pertama yang mengejutkan untuk pertandingan Australia melawan Selandia Baru.

Garang Kuol sebenarnya tidak memenuhi syarat untuk mendapatkan izin kerja. Tetapi setelah dipanggil oleh Australia, dia akan diberikan dokumen yang diperlukan jika dia melakukan debutnya melawan Selandia Baru akhir bulan ini.

Baca juga: Loris Karius Resmi ke Newcastle United, Udah Siap Ngelawak?

Dilirik Klub Top Eropa

Newcastle tidak sendirian dalam mengejar penyerang yang menarik ini, Barcelona dan Chelsea juga masih terus memantau performanya dilapangan sejauh ini.

Terlepas dari penutupan jendela transfer, direktur olahraga Newcastle Dan Ashworth dan kepala pemandu bakat Steve Nickson, tetap sibuk dengan The Magpies.

Mereka ingin meningkatkan barisan muda mereka dengan bakat-bakat baru yang mempuni.

Cole McKinnon dari Rangers, Lennon Miller dari Motherwell, Chris Rigg dari Sunderland, dan Andrey Santos dari Vasco da Gama semuanya masuk radar mereka dalam beberapa pekan terakhir.

Newcastle akan beraksi akhir pekan ini dan menghadapi Bournemouth di Liga Inggris. Mereka saat ini berada di urutan ke-11 dalam tabel tetapi hanya kalah satu pertandingan musim ini.

Tri Meljasi Bougenvillo
Penonton sepakbola layar kaca
Sumber: Thehardtackle dan The Sun

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

1 Komentar